Kumpulan Contoh Surat Terlengkap dan Terbaru

Contoh Surat Pernyataan Hutang Dan Jaminan

Contoh Surat Pernyataan Hutang Dan Jaminan - Jika anda akan meminjamkan uang dalam jumlah jutaan rupiah/dalam jumlah yang sangat besar, maka sudah semestinya anda harus terlebih dahulu membuat surat perjanjian hutang piutang agar anda dapat terhindar dari berbagai macam kemungkinan yang nantinya dapat merugikan anda.

Dengan adanya surat perjanjian ini, anda dapat terhindar dari orang - orang yang merugikan karena anda telah memiliki jaminan dan bukti yang jelas bahwa orang tersebut melakukan peminjaman kepada anda. Berikut ini merupakan contoh surat jaminan yang telah kami tulis untuk dijadikan referensi bagi anda yang ingin membuatnya.

Contoh Surat Pernyataan Hutang Dan Jaminan

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama : _____________________
No. KTP : _____________________
Alamat : ___________________________________________________
___________________________________________________
Dengan ini menyatakan:
  1. Bahwa, pada tanggal __ _______ ____ saya telah melakukan peminjaman uang kepada saudara ____________, pemegang Kartu Tanda Penduduk (KTP) No. ____________, beralamat di ________________________________, sebesar Rp. ____________ (________________ rupiah);
  2. Bahwa, saya telah berjanji kepada saudara ____________ tersebut untuk mengembalikan pinjaman tersebut dalam jangka waktu __ (________) hari atau jatuh tempo pada tanggal __ ___________ ____;
  3. Bahwa, sampai dengan tanggal jatuh tempo tersebut ternyata saya belum juga dapat mengembalikan pinjaman saya tersebut kepada saudara ______________;
  4. Bahwa, dengan ini saya memohon keringanan kepada saudara _________ agar diberi perpanjangan jangka waktu untuk melunasi pinjaman saya tersebut untuk selama ___ (_____________) hari lagi atau jatuh tempo pada tanggal __ _________ _____;
  5. Bahwa, dengan ini saya menyerahkan sebuah kendaraan roda empat merek _______ tipe _______ No. STNK _______, No. BPKB _________ sebagai jaminan pelunasan hutang saya tersebut.
  6. Bahwa, dalam hal saya tidak dapat melunasi pinjaman saya tersebut sampai dengan perpanjangan jangka waktu sebagaimana dimaksud Butir 4 diatas, maka kendaraan roda empat tersebut sebagaimana dimaksud Butir 5 diatas akan menjadi milik saudara ________ sepenuhnya.
Demikian Surat Pernyataan ini saya buat dengan tanpa paksaan ataupun tekanan dari pihak manapun.
____________, __ ________ _____
______________
Menyetujui,
_____________________

Rating: 4.5